Cara Ampuh Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Aduan

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Aduan

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Ayam Aduan, Penyakit tetelo merupakan salah satu jenis penyakit pada ayam aduan yang paling berbahaya setelah penyakit virus flu burung,. Sampai saat ini di daerah indonesia masih banyak daerah yang belum terbebas dari penyakin jenis ini,.

Penyakit ini banyak mendatangkan kerugian yang signitifikan untuk para peternak ayam, dikarenakan 80 sampai 100% dari ayam yang menderita penyakit ini akan mengalami kematian,. Penyakit tetelo ini dapat menyerang ayam baik itu masih berusia muda maupun dewasa,. Biasanya banyak menyerang pada masa pancaroba atau musim hujan menuju musim hujan,.

Penyakit ini terutama menyerang ayam baik pada usia muda ataupun yang dewasa,. Biasanya terjadi pada masa pancaroba atau pada musim kemarau ke musim hujan,. Cara penularannya adalah melalui ludah, feses, makanan dan minuman,. Penularan juga melalui udara sehingga penyakit ini mudah menyebar kemana mana,.

Gejala pertama yang akan dialami pada ayam laga aduan yang terkena tetelo adalah berak encer putih setengah bagian (seperti cat putih tercecer di lantai), sebagian lagi lembek tapi tidak encer berwarna agak kehijauan,.

Apakah penyakit tetelo pada ayam aduan tidak dapat di atasi atau di obati? munking sebagian dari kamu sudah ada yang tahu bagaimana cara mengatasi penyakit yang satu ini, namun bagi kamu yang belum tahu akan cara caranya maka silahkan kamu simak ulasan yang admin berikan ini dengan baik baik,.

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Ayam

1. Berdasarkan pengalaman peternak ayam aduan, bawang merah atau bawang putih secara tunggal tidak bisa menyembuhkan tetelo,. Tetapi campuran ramuan Kunyit 1 cm, Kencur 1/2 cm, dan Bawang Putih setiap 3 x dalam seminggu dapat mencegah tetelo (bukan mengobati, tetapi untuk mencegah sebelum terkena tetelo),.

2. Perasan daun Pepaya secara tunggal berdasarkan pengalaman tidak dapat menyembuhkan tetelo. tetapi berdasarkan info dari BPP Nanggulan Yogyakarta, bahwa campuran ramuan kunyit, bawang putih dan daun Pepaya yang diberikan secara rutin dapat mencegah penyakit flu burung,. Jika bisa mencegah flu Burung maka juga bisa mencegah tetelo, karena kedua penyakit tersebut sama-sama penyakit infeksi viral yang juga diakibatkan oleh virus,.

3. Penggunaan antiseptik / desinfektan alami yaitu daun sirih (bukan batang sereh untuk memasak), ternyata bisa menyembuhkan 3 ekor Adu Ayam Jago dewasa yang baru terkena tetelo, tetapi belum pernah dipraktekkan kepada Ayam Bangkok yang sudah terkena tetelo yang parah,.

4. Obat tetelo yang paling ampuh yang pernah dicoba adalah campuran beberapa tanaman obat dari rimpang Kunyit Putih, daun Sirih Merah, Sambiloto, Temu Kunci. Salah satu dari tanaman obat ini sebaiknya harus ada ketika membuat ramuan obat untuk tetelo,.

5. 3 Jenis yang pernah dicoba adalah campuran Sirih Merah, Sambiloto, dan Temu Kunci sangat ampuh. Ramuan lainnya juga bagus adalah campuran Kunyit Putih, Temu Kunci, Sirih hijau, daun Pepaya, dan Kunyit biasa,.

6. Kunyit Putih, Sambiloto dan Sirih Merah merupakan antikanker, antiinflamasi, anti radang yang banyak digunakan untuk obat kanker. Penelitian IPB, Balitro, dan publikasi media banyak menunjukkan keampuhan tanaman obat tersebut untuk kanker dan juga untuk flu burung (juga tetelo).

7. Sebaiknya buat ramuan sesuai dengan bahan yang ada, setidaknya tiga jenis tanaman obat agar ampuh. (berbagai sumber),.

Nah itulah beberapa tips cara mengobati penyakit tetelo pada ayam aduan yang dapat admin pecinta ayam aduan sampaikan kepada kamu semua,. Semoga dengan adanya ulasan yang Agen S128 Live berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua,. Terimah kasih dan sampai berjumpa lagi bersama kami pada artikel kami selanjutnya,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *